10 mobil yang ngga akan bisa dimiliki di Amerika!!!

Pasar mobil Amerika Serikat (AS) adalah yang terbesar dan paling kompetitif di seantero jagat. Namun, tetap ada beberapa mobil yang ngga bisa dibeli dengan uang, ngga peduli seberapa banyak uang yang lo punya. Karena desainnya yang radikal dan tidak memenuhi standar keamanan dan peraturan di jalan raya. Kebanyakan dari mobil-mobil ini dibuat oleh rumah desain mobil yang tidak terlalu terkenal. Sebagian kecil dari mobil-mobil itu dibuat sangat eksklusif dengan hanya membuat beberapa unit saja sehingga sudah habis terjual sebelum gosip tentang mobil itu beredar di kalangan masyarakat.

Ascari KZ1


Nama mobil ini diambil dari nama belakang pembalap Italia terkenal Alberto Ascari, dua kali juara dunia Formula 1 berturut-turut (1952-1953). Mobil ini dibuat di Inggris oleh sebuah perusahaan yang didirikan oleh penemu dan pengusaha Belanda bernama Klaas Zwart. Produk KZ1 diluncurkan pertama kali di tahun 2003. Sasisnya terbuat dari serat karbon yang sangat ringan dan dilengkapi dengan mesin 5.0-liter V8 yang digunakan pertama kali pada BMW Z8. Setelah dimodifikasi, mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 500 tenaga kuda sehingga sanggup melesatkan Ascari dari 0 km/jam sampai 100 km/jam hanya dalam 3.6 detik!! Kecepatan maksimal 320 km/jam. KZ1 dijual 235,000 pounds (kalo di kurs sekarang harganya jadi 3.784.000.000 rupiah). Yang paling asyik adalah pemilik KZ1 bisa ngerasain kesangaran mesin mobilnya di Ascari Race Resort di selatan Spanyol.
Motonya keren banget deh: Ascari – the world’s ultimate drivers’ club and luxury retreat. Ini baru klabnya orang-orang super tajir.

Aston Martin One-77


Aston Martin baru-baru ini dijual oleh Ford Motor Co. kepada sebuah konsorsium Prodrive dan David Richards. Di tangan pemilik baru ini, mereka mengeluarkan strategi pemasaran baru yaitu pembeli bisa memesan mobil mereka sesuai dengan selera pemesan (customize). Harganya: nyaris mendekati US$1.75 million (itung aja sendiri karena kalkulator yang gw punya sampai ngga bisa ngitung jumlah angka nolnya). Hanya 77 buah mobil yang akan dibuat. Mobil coupe ini dibuat dari serat karbon monocoque dengan body panel aluminium yang dibuat dengan tangan, bermesin 7.3-liter V12 yang mampu menggelontorkan 700 tenaga kuda!!! Berminat bawa satu One-77 ke garasi rumah Anda??? Sepertinya lo harus mencari di bursa mobil bekas karena semua unitnya sudah habis terpesan.

Caparo T1


Mimpi ngebayangin punya mobil yang dipakai di ajang Formula 1? Hubungi aja dealer mobil ini. Mobil yang tongkrongannya mirip banget sama mobil F1 ini dilengkapi dengan fender dan kokpit yang bisa menampung dua orang. Caparo T1 dibuat oleh banyak orang yang terlibat dalam pembuatan McLaren F1. Berkat penggunaan serat karbon dan sasis aluminium dan berbagai bahan yang terbuat dari material ringan, bobot T1 hanya 550 kg. Coba lo pikirin mesinnya: 575 tenaga kuda, disisipkan di bagian tengah dari panjang keseluruhan mobil, terbuat dari aluminium, dengan 3.5-liter V8, maka lo dapat power-to-weight ratio sebesar 1.000 kuda per ton. Gir dengan 6-speed mampu membawa Anda dari 0 km/jam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik. Harga: 240,000 pounds (cukup merogoh kocek 3.905.000.000 rupiah saja).

Covini C6W


Sekilas mobil ini keliatan culun dan hanya ada di negeri khayalan melalui olah digital di komputer sehingga bisa menyematkan sepasang roda di bagian haluan supercar. Tapi mobil dengan 4 roda depan dan 2 roda belakang ini bukanlah penghuni negeri khayalan. Mobil ini benar-benar nyata. Ferrucio Covini-lah yang pertama kali menciptakan mobil dengan 4 roda depan 30 tahun yang lalu. Fungsi 4 roda depan ini (dengan 16-inch ukuran roda depan dan 20-inch di roda belakang) adalah untuk mengurangi hambatan aerodinamis, pengereman yang lebih mulus, pengendalian yang lebih nyaman dan meminimalisasi efek understeer. Kekurangannya pasti gampang ditebak. Bobotnya jadi bertambah serta sistem suspensi depan yang rumit. Di luar itu semua, di balik kap mesin C6W disematkan mesin buatan Audi 4.2-liter 435 tenaga kuda V8 yang disalurkan ke roda belakang melalui 6-speed manual gearbox. Lagi-lagi mesin disisipkan di bagian tengah dari panjang keseluruhan mobil yang ditopang oleh struktur yang terbuat dari serat karbon. Sayangnya, Covini C6W masih berupa prototipe.

Koenigsegg CCX & CCXR


Perusahaan kecil asal Swedia yang didirikan oleh desainer muda ambisius bernama Christian von Koenigsegg, yang telah mendesain dan mebuat supercar kelas dunia dalam jumlah yang sangat sedikit tapi hasilnya maksimal sejak 1994. Produk teranyar mereka adalah CCX dan CCXR. Dua varian ini diperkenalkan kepada publik pertama kali pada 2008 Geneva Auto Show. Keduanya dipersenjatai dengan mesin supercharged 4.8-liter V8 yang didesain oleh Koenigsegg, tapi CCXR lebih ramah lingkungan karena menggunakan ethanol E85 atau E100 selain juga dapat menggunakan bahan bakar reguler. Apabila diisi dengan E85, CCXR dapat menghasilkan tenaga mencengangkan sebesar 1.018 tenaga kuda dan torsi 108kg/m. Koenigsegg CCX dilepas dengan harga US$ 1,75 juta sedangkan CCXR US$ 2 juta.

KTM X-Bow


Selain terkenal sebagai pembuat motocross, KTM juga sukses membuat All Terrain Vehicle dan sekarang X-Bow (dibaca: Crossbow). X-Bow menggunakan sasis monocoque berbahan serat karbon dan dibekali dengan mesin 2.0-liter turbocharged direct-injection 4 silinder besutan Audi. Berkekuatan 240 tenaga kuda sementara beratnya hanya 790 kilogram, alhasil X-Bow dapat melesat dari keadaan diam sampai 100 km/jam dalam waktu kurang dari 4 detik dan dari kecepatan itu mampu berhenti dengan jarak 30,5 meter berkat Brembo disc brakes. X-Bow bisa ditebus seharga US$ 67.000 (737 juta rupiah).

Mercedes-Benz SLR McLaren Stirling Moss 
Sedikit sekali sportcar yang mempunyai kisah historikal layaknya Mercedes-Benz SL class. Di tahun 1954 versi 300 SL ‘Gullwing’ menjadi supercar modern pertama. Setahun setelah peluncurannya 300 SL menjuarai balapan klasik Mille Miglia road race di Italia, yang dikendarai oleh Stirling Moss (dan jurnalis Denis Jenkinson sebagai navigator). Lebih dari setengah abad kemudian, Mercedes-Benz memberikan penghargaan bagi keduanya dengan membuat SLR McLaren Stirling Moss. Para kolektor mobil tentunya berlomba untuk mendapatkan edisi ini karena hanya 75 unit saja yang dibuat dan harganya US$1,2 juta. Seperti tipe awal SLR, SLR edisi spesial ini tidak beratap dan windshield — hanya wind screen rendah yang tingginya ngga lebih dari 10 cm. Sebagai tambahan, diaplikasikan “roll hoops” ganda di belakang jok dan side exhausts ganda. Digerakkan oleh mesin 5.4-liter supercharged V8 yang menyalurkan 650 tenaga kuda— akselerasi dari 0 km/jam hingga 100 km/jam ngga lebih dari 3 detik dan kecepatan maksimumnya 350 km/jam.

Morgan AeroMax 

 
AeroMax sangat eksklusif dan limited-edition buatan pabrik mobil kecil di Inggris berusia 100 tahun. AeroMax diluncurkan pada tahun 2005 di Geneva Auto Showsebagai mobil konsep namun berkat reaksi pengunjung pada waktu itu maka dibuatlah limited editionnya yang hanay 100 unit. Harga: US$ 163.000. Bodi dan sasis AeroMax seluruhnya dari aluminium. Bermesin 4.4-liter DOHC 325 tenaga kuda V8 buatan BMW, yang melesatkannya dari 0 km/jam ke 100 km/h dalam 4.5 detik.

Pagani Zonda Cinque 


Semenjak kanak-kanak Horacio Pagani telah bermimpi untuk membuat supercar. Di tahun 1999 ia memperkenalkan Pagani Zonda C12, supercar bermesin Mercedes-Benz 7-liter 408 tenaga kuda V12 buatan AMG. Sejak saat itu pria kelahiran Argentina ini telah mendesain lebih dari 100 mobil. Cinque dibuat untuk memenuhi hasrat memacu sportcar di jalan raya. Dengan konfigurasi V12 bertenaga 678 tenaga kuda, adrenalin akan terpacu. Bobot Cinque weighs only 1210 kilogram berkat penggunaan material baru berupa campuran antara titanium dan serat karbon, begitu juga dengan velg titanium dan komponen lainnya yang terbuat dari magnesium dan titanium. Ingin memilikinya, buruan…. Karena hanya akan diproduksi sebanyak 5 unit saja— sesuai dengan artinya (cinque adalah lima dalam bahasa Perancis). Cukup sediakan dana US$ 1,5 juta.

Venturi Fetish


Pembuat mobil asal negeri wine Perancis Venturi memperkenalkan produknya Fetish, sebuah sports car bertenaga listrik yang pertama di acara Mondial de l’auto, Paris di tahun 2004. April 2008 Venturi mengumumkan bahwa Fetish akan dibekali dengan electric motor yang lebih kuat yaitu VM300. Mesin listrik bertenaga 300 tenaga kuda ini bobotnya 35 kilogram torsinya sebesar 280 lb-ft, lebih dari cukup untuk melesatkan roadster berbobot 1.125 kg dari 0 km/jam hingga 100 km/jam kurang dari 4 detik. Pembuatnya mengklaim bahwa Fetish dapat menempuh jarak 290 km, dengan kecepatan konstan 88,5 km/jam, dengan lithium-polymer battery pack yang dapat di-recharged dalam waktu 6 jam menggunakan 220-volt, 16-amp charger yang terpasang di mobil, atau dalam waktu 6 jam menggunakan 32-amp external source. Total produksi 25 unit, semuanya dibuat hand made di Monaco dan dijual secara eksklusif bagi pembeli avant-garde seharga US$ 400.000.

Posted on Maret 28, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: